Ini Berkah Indonesia Dijajah Belanda, Bukan Inggris

0


DIJAJAH  negara dari Eropa, Belanda, Nusantara mengalami banyak kerugian. Pemderitaan lahir dan yang lebih menyedihkan adalah lambannya rakyat di Nusantara memperoleh kemajuan. Namun adakah sisi baiknya?

Jika mau dibandingkan secara berhadapan, maka perbedaan itu akan terlihat dari cara kedua negara ini mencari keuntungan. 

Misi bangsa Belanda adalah dengan cara berdagang, sedangkan Inggris dengan cara membuat pasar sendiri akan barang industrinya.

Belanda tak punya industri ternama saat itu. Makanya monopoli komoditas perdagangan di Nusantara yang dijual ke Eropa adalah satu-satunya kebijakan Kerajaan Belanda saat itu.

Sedangkan Inggris, memiliki cara lain agar agar ekonominya berkembang dengan melakukan perdagangan di negara koloninya.

Negara koloninya harus bisa menyerap barang-barang buatan Inggris. Kalau negara koloninya miskin, nggak bisa (berkembang).

Maka dari itu muncul istilah Negara Persemakmuran (Comonwealth) Inggris. Karena semuanya harus makmur untuk bisa berdagang dengan Inggris. Sehingga menimbulkan kesan bahwa (penjajahan) Inggris jauh lebih baik daripada (penjajahan) Belanda,.

Salah satu berkah tersendiri bagi Indonesia dijajah Belanda  adalah lahirnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam mengambil garis penghalang tegas antara Belanda dan Indonesia. Dampak dari situasi tersebut, lahirlah sebuah perjuangan.

Pengaruh Belanda hampir nggak ada di Indonesia. Kita tidak bicara bahasa Belanda, kita tidak menjalankan budaya mereka. Indonesia lebih beruntung. Lebih merdeka. Jiwa kita lebih merdeka daripada bangsa-bangsa bekas jajahan Inggris.

Kita tidak ada beban kesejarahan seperti (negara persemakmuran) itu.

Sumber: Masa Hindia Belanda (Nederlands Indie)
Referensi: goodnewsfromindonesia.id


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)